HASIL SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT

Puji Syukur Alhamdulillah, keluarga besar Kecamatan Sine diberikan kekuatan Allah SWT untuk senantiasa meningkatkan kualitas pelayanan kepada Masyarakat. Sebagai wujud upaya peningkatan pelayanan kepada msyarakat, disetiap tahunnya dialkukan pengukuran  Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Pengukuran IKM ini ini dimaksudkan untuk

1) Mengukur Indeks Kepuasan Masyarkat  baik parsial maupun total sehingga diperoleh IKM sebagai pedoman untuk mengukur perubahan IKM pada tahun berikutnya.

2) Memetakan kinerja  pelayanan publik di Kecamatan Sine  menurut persepsi pengguna jasa layanan atau publik ;

Manfaat dari pengukuran IKM  adalah

1) Penyusunan terhadap indeks pelayanan publik akan mampu mengungkap seberapa besar kesesuaian antara harapan masyarakat dengan layanan yang diterimanya;

2) Penyusunan terhadap indeks pelayanan publik ini juga akan dapat mengidentifikasi faktor-faktor apa yang menjadi pengungkit (leverage faktor) dalam meningkatkan kinerja pelayanan secara umum, dan sekaligus akan mengidentifikasi kendala-kendala utama yang dihadapi oleh para pemberi pelayanan di tingkat paling bawah, pada level transactional yang langsung berhadapan dengan masyarakat, seperti di tingkat kelurahan, kecamatan atau kantor-kantor layanan khusus.

3) Kajian ini akan memungkinkan munculnya inovasi-inovasi baru yang sangat diperlukan dalam upaya memberikan layanan yang lebih baik seiring dengan meningkatnya tuntutan masyarakat.

Dari hasil pengukuran IKM di Kecamatan Sine diperoleh hasil sebesar 77,80

Pada skala indek dengan nilai itu Pelayanan Kecamatan sine tergolong kategori BAIK

Hasil survery kepuasan masyarakat